Nama : Amalia Dzikri Lathifa

NIM : 21/483176/SV/20109

MBTI : ISFJ-T

Latihan 1 SIP

1. Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Penggunaan sistem informasi dalam pembangunan berperan penting dalam sebuah proses pembangunan, hal ini dikarenakan sistem infromasi meruapakan bagian penting yang berguna untuk mendapatkan data-data yang valid yang nantinya akan digunakan dalam proses pembangunan tersebut sehingga meminimalisir adanya salah target dalam pembangunan. Adanya sistem informasi ini juga dapat memudahkan seluruh masyarakat untuk mengakses berbagai informasi terkait daerahnya.

Contoh penerapan sistem informasi ini jika di daerah saya yaitu di Kulon Progo ada SID atau Sistem Informasi Desa. SID ini berguna agar pemerintah desa dapat lebih efisien dan efektif dalam melakukan pekerjaannya selain itu juga agar menjadikan layanan publik lebih baik karena pemerintah desa yang transparan dan akuntabel. Diciptakannya SID ini juga untuk menguatkan dan mendorong pemanfaatan dan percepatan internet desa di Kulon Progo agar website yang sudah ada dapat dimanfaatkan lebih baik secara maksimal dan dapat menggali potensi pengembangan desa seperti ekonomi kreatif.